Jenis Madu Berdasarkan Pengolahanya

Jenis Madu

Madu

Dibalik rasa manis madu. madu memiliki khasiat dan manfaat yang sangat luar biasa. Namun perlu kita ketahui bahwa jenis madu tidak sedikit dan madu memiliki kandungan yang banyak.

Kandungan nutrisi madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya, sehubungan dengan karbhoidrat, madu terutama fruktosa (38,5%), glukosa (31,0%), sehingga madu mirip dengan sirup gula sintesisi diroduksi terbalik, madu mengandung gula dan vitamin yang berjumlah sedikit. Mineral pada madu berjumlah sangat terbatas/sedikit. Komposisi spesifikasi dari jumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yag menghasilkan madu.

Analisa secara umum kandungan yg dimiliki madu:

Fruktosa              : 38,2 %

Glukosa                : 31,3 %

Maltose               : 7,1 %

Sukrosa                : 1,3 %

Air                          : 17,2 %

Gula                       : 1,5 %

Abu                        : 0,2 %

Lain lainnya        : 3,2 %

Kekentalan madu sekitar 1,36 kilogram per liter dan kekentalan madu lebih kental dari pada air.

Dengan demikian itu semua kandungan madu dan khasiat madu yang memiliki manfaat tersendiri. Tetapi diluar sana telah  membuktikan bahwa madu dapat diolah dengan ditambahkan berbagai bahan untuk madu agar dikenal masyarakat Indonesia lebih luas dan semakin bermanfaat.

Beragam jenis-jenis madu menurut pengolahan dan penyaringanya

madu anak

Madu Polifloral
Madu yang dibut dari berbagai jenis madu yang dihasilkan oleh lebah yang disatukan.

Madu Monofloral
madu yang memiliki rasa dan warna berbeda bergantung dengan asal nektat. Lebah panjang membuat sarang khususdi sekitar tempat tumbuh satu jenis bunga yang dipilih lebah, pada praktekny, karena sulit mengambil nektar dari satu jenis saja, lebah juga menambahkan nektar dari jenis bunga lain

Madu Campuran
Madu campuran adalah madu yang berbeda dari jenis madu yang berbeda satu dengan yang lain baik itu dari rasa, warna, tekstur maupun tempat dan juga asal bunga sumber madu tersebut. Negara produsen madu terbesar saat ini adalah negara Cina, kemudian disusul oleh negara Amerika Serikat, lalu Argentina , Turki, Meksiko, Ukraina dan India.

Madu Embun
Madu Embun adalah madu yang dihasilkan oleh lebah dari cairan yang mirip madu berwujud sekresi serangga tertentu yang kerap ditemukan pada tumbuh-tumbuhan atau kelopak-kelopak bunga atau dari getah pada tanaman yang dikonsumsi oleh serangga yang lain. Contohnya seperti getah dari pohon pinus yang juga menambah khasiat pada madu tersebut.

Madu Ekstraflora
Madu Ekstraflora adalah madu yang dihasilkan dan berasal dari nectar non flora atau yang bukan berasal dari bunga. Biasanya madu ini terdapat diluar bunga seperti pada daun, kelopak bunga atau batang bunga.

Jenis madu berdasarkan sumber madu yang dihasilkan oleh lebah madu dibedakan menjadi dua, yaitu

Madu Ternak
Madu Ternak Ternak adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang dibudidayakan atau ditangkarkan dengan sengaja oleh manusia dengan jenis madu seperti Apis meliferra, Apis cerana dan Apis trigona. Untuk madu ternak ini, madu yang dihasilkan hanya berasal dari nectar bunga dari beberapa jenis bunga saja. Maka dari itu kandungan senyawa yang terkandung didalamnya tidak sebanyak yang ada pada madu hutan liar. Meskipun begitu madu ternak ini juga berkhasiat bagi kesehatan dan pemeliharaan bagi tubuh manusia.

Madu  Hutan Liar
Madu Hutan Liar adalah madu yang diperoleh dan dihasilkan oleh lebah-lebah yang hidup dialam liar yang berjenis Apis Dorsata. Lebah ini terdapat dihutan-hutan, digunung dan tempat-tempat lain tanpa campur tangan manusia sama sekali. Kualitas madu yang dihasilkan oleh para lebah ini adalah yang terbaik sebab mereka menghisap berbagai nectar dari bunga yang ada dialam yang mana tanaman tersebut masih alami.

Itulah beberapa Jenis Madu dan sedikit penjelasanya. Semoga Bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *